Sabtu, 30 April 2016

4 Kiat Sukses Menghafal Quran


Menghafal merupakan peradaban dan simbol keilmuan yang tertinggi. Sejarah bangsa Arab sebelum datang Islam menempatkan hafalan sebagai simbol keilmuan. Maka tidaklah mengherankan menghafal memiliki kedudukan yang mulia dalam Islam. Menghafal Quran membuat kedudukan hamba tinggi di hadapan Alloh.


Nah, untuk mendapat hafalan yang baik tentu saja perlu tips jitu. Berikut adalah tips yang bisa dilakukan agar sukses dalam menghafal.

1. Niatkan ikhlas menghafal karena Alloh.

Niat harus dijaga mengingat syaiton sangat halus menggoda para penghafal Quran. Banyaknya tawaran menjadi imam masjid di luar negeri, pujian orang, bahkan show di telivisi sehingga terkenal akan melencengkan niat menghafal Quran. Maka niat harus selalu diperbaiki.

2. Membulatkan tekad dengan target tertentu. 

Memaksakan diri menghafal pada waktu istimewa seperti sebelum subuh, setelah subuh, setelah magrib. Termasuk kebulatan tekad menghafal apabila kita mengiqob diri ketika target hafalan tidak tercapai.

3. Memperbaiki bacaan quran dengan tahsin secara baik dan kontinyu. Bacaan yang salah menyebabkan hafalan Qur'an kita salah.

4. Membaca berulang-ulang sebanyak 40 kali sebelum menghafal sehingga bacaan berulang akan membuat bacaan kita kuat

Hilangnya hafalan Quran bisa menjadi alarm buat kita. Mungkin kita sudah bermaksiat kepada Alloh. Termasuk di dalamnya sulit menghafal quran. Segera instropeksi dan taubat kepada Alloh.

Saudaraku marilah kita bulatkan tekad menghafal Quran karena Allah SWT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template |
Copyright © 2011. DPD PKS Boyolali - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger