20 April 2016

Dia Beda, Inilah Kartiniku


Apa sebenarnya kehebatan seorang kartini, sampai-sampai beliau menjadi ikon di negeri ini? Apa karena istri bupati? Apa karena anak pejabat? Apa karena cantik jelita? Apa karena sangat banyak pria yang memujanya? Apa karena pendidikan formal yang tinggi? Apa karena sekolah wanita yang beliau dirikan? Bukan... Tentu bukan karena itu maka beliau menjadi spesial. 

Spesial berarti di atas rata-rata, tak tertandingi. Kartini spesial karena pemikiran, ide besarnya dan karena kepeduliannya pada masalah umat di saat itu. Ide besar yg berani beliau ungkapkan dan perjuangkan, disaat yg lain, perempuan-perempuan yg beliau perjuangkan hanya menganggapnya sebagai mimpi dan hal tidak penting. Berada dalam situasi itu tentu tidak mudah, dan inilah mengapa beliau menjadi spesial. Berani melakukan dan mewujudkan, disaat yang lain tenggelam dalam mimpi.

Disetiap masa selalu ada "Kartini-Kartini" baru dengan spesialisasi masing-masing. Perempuan-perempuan yang memilih berbeda di atas rata-rata, tak tertandingi. Dan Kartiniku mengajariku agar beda, jadilah wanita yang bisa menjadi jalan mewujudkan mimpi-mimpi kaummu. Kaummu punya mimpi dan hanya berani bermimpi, dan engkau tahu mimpi mereka. Wujudkan mimpi mereka dan engkau akan menjadi spesial, seperti Kartini.

Selamat hari Kartini teruntuk perempuan Indonesia yang luar biasa.

Oleh:  Ummu Hana
           Pegiat Literasi Dakwah