Home » » Teh Tiongke, Teh Tradisional yang Berkhasiat

Teh Tiongke, Teh Tradisional yang Berkhasiat

Written By PKS Boyolali on Selasa, 07 Januari 2014 | 06.58


Boyolali – Bagi penggemar minum the, pasti sangat nikmat jika di minum pada waktu sore hari saat santai. Di Boyolali ada teh tiongke yang berkhasiat untuk menurunkan kolesterol serta bagus untuk menurunkan badan. Teh ini di buat oleh warga Desa Jlarem Kecamatan Ampel yang merupakan warisan dari jaman penjajahan belanda.
Oleh warga setempat, teh yang dibuat secara tradisional ini disebut teh tiongke yang berasal dari bahasa jawa yang tiyungke yang berarti memetik daun teh dengan membengkokkan batang pohon teh yang telah meninggi. Sedangkan cara membuatnya sangat tradisional dan sederhana.
Daun teh yang telah di petik, kemudian di goreng tanpa minyak di atas wajan yang terbuat dari tanah liat. Hingga kadar airnya berkurang atau selama 15 menit. Kemudian daun teh ini diremas-remas menggunakan tangan hingga kadar airnya benar-benar hilang.
“Nah, tahap paling akhir, daun teh dikeringkan dengan cara di goreng sangrai kembali hingga benar-benar daun kering dan berubah warna. Setelah kering kemudian di kemas,” Kata salah satu pembuat teh.
Menurutnya, teh ini semakin nikmat jika diminum saat masih panas dengan di temani gula merah. Teh tradisional ini di percaya warga setempat kaya akan khasiat. Antara lain untuk menurunkan kolesterol, menurunkan berat badan, melunturkan lemak hingga melangsingkan tubuh. Sedangkan harga teh ini cukup murah. Sebungkus teh tiongke kering ukuran 50 gram.
“Oleh warga dijual seharga 10 ribu rupiah,” katanya.

Sumber: solorayaonline.com
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template |
Copyright © 2011. DPD PKS Boyolali - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger