23 Januari 2014

PKS Jateng Gelar Aksi Cepat Tanggap Tangani Banjir di Pantura

Posko Banjir PKS Pekalongan

SEMARANG - Curah hujan yang terus meninggi di akhir bulan Januari ini membuat bencana banjir melanda di sepanjang kawasan pantura Jawa Tengah. Dari data yang dihimpun, setidaknya wilayah Jepara, Kudus, Semarang, Kendal hingga kawasan Pekalongan terjadi banjir yang cukup parah. Akibatnya banyak warga yang terpaksa harus mengungsi ke tempat darurat.
Melihat kondisi ini, kesatuan Cepat Tanggap Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jateng segera bergerak untuk menangani musibah musiman yang terjadi tiap musim penghujan tersebut. Di semua tempat di wilayah banjir Jateng, PKS mendirikan posko dan memberikan bantuan untuk korban banjir.
Menurut Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS Jateng, Fikri Faqih, pihaknya masih akan terus berupaya untuk membantu semaksimal mungkin penanganan bencana banjir di awal tahun ini.
“Kita akan terus melakukan penanganan dengan memberikan bantuan kepada korban banjir, mendirikan posko banjir, dan terus berkoordinasi dengan BPBD setempat melakukan upaya evakuasi dan pemulihan,” katanya, Rabu (22/1/2014).
Sementara itu, tim cepat tanggap PKS Jateng segera meluncur ke lokasi bencana di kudus untuk melakukan antisipasi dan evakuasi bencana.
“Tim kita sedang bergerak menuju Kudus semalam, karena banjir kudus cukup parah sehingga tim kepanduan kita terjunkan kesana,” kata Solikin, Komandan Korps Kepanduan PKS Jateng yang juga koordinator tim tanggap bencana.
Selain menerjunkan tim, PKS Jateng juga memberikan bantuan kepada korban banjir yang mengungsi, terutama banjir yang terjadi di Pekalongan dan Jepara. Para tokoh PKS pun turun langsung memberikan bantuan kepada korban banjir tersebut.
Terpisah, di Pekalongan, PKS Kabupaten dan PKS Kota Pekalongan berkolaborasi untuk menangani banjir di wilayah tersebut dengan mendirikan posko terpadu. Selain posko terpadu, para kader, simpatisan dan para caleg PKS setempat juga aktif memberikan bantuan berupa mie instan, beras dan makanan nasi bungkus kepada para pengungsi banjir Pekalongan.
Diprediksi, banjir di wilayah Pantura akan mencapai puncaknya hari ini dan besok, Rabu-Kamis, sehingga tim cepat tanggap PKS terus bersiap siaga menghadapi segala kemungkinan bencana yang terjadi.

Sumber: pksjateng.or.id