Minggu, 26 Februari 2017

KPU Tetapkan Yaris sebagai Walikota-Wakil Walikota Salatiga Terpilih


Salatiga (24/2) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Salatiga menetapkan pasangan Yuliyanto - Muhammad Haris (Yaris) nomor urut dua sebagai Walikota-Wakil Walikota Salatiga terpilih, Rabu (22/2).
Berdasarkan hasil rekapitulasi perhitungan perolehan suara di tingkat KPU Kota Salatiga yang digelar di Gedung Pertemuan Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Tengah Jalan Hasanudin Salatiga.
Yaris yang diusung oleh PKS unggul dengan meraih 53.052 suara. Sedangkan pasangan nomo urut satu, Agus Rudianto-Dance Ishak Palit (Rudal) mendapat sebanyak 52.060 suara atau selisih 992 dari pasangan lainnya.
Rekapitulasi perolehan suara Pilkada 2017 yang digelar KPU berlangsung lancar. Rapat dimulai pukul 13.30 WIB dan berakhir pukul 17.10 WIB. Pj Walikota Salatiga, Achmad Rofai dan Forkopimda turut hadir dan menyaksikan proses perhitungan perolehan suara hingga selesai. Turut hadir pula kedua pasangan calon yang disertai oleh ratusan para pendukungnya. Namun KPU hanya memperbolehkan sepuluh pendukung dari masing-masing paslon untuk masuk ke gedung. Sedang yang lainnya tetap berada di luar gedung dengan menyaksikan jalannya rapat dari layar yang disiapkan panitia.
Rapat pleno rekapitulasi perolehan suara ini mendapat penjagaan ketat dari personel kepolisian bersenjata lengkap dan kodim 0714. Setiap peserta yang akan memasuki gedung diperiksa dengan ketat.
Di awal proses rekapitulasi perolehan suara ini sempat diwarnai interupsi dari para saksi masing-masing paslon. Tampak juga di luar gedung terdapat aksi orasi dari puluhan relawan paslon nomor urut satu, Rudi-Dance (Rudal) yang menduga adanya kecurangan dalam Pilkada 2017 ini. Namun secara umum rapat pleno terbuka ini berjalan tertib dan lancar.
Usai dibacakan SK ketetapan oleh KPU tentang pemenang Pilkada 2017 Kota Salatiga, Yaris disambut dengan lantunan shalawat oleh para pendukungnya yang memadati halaman gedung dengan penjagaan ketat dari petugas keamanan. Yaris langsung menerobos hujan tanpa memakai payung menuju mobil.
Ketua KPU Kota Salatiga, Putnawati mengatakan proses rapat pleno rekapitulasi perolehan suara berjalan dengan lancar. Meski saksi paslon satu tidak bersedia membubuhkan tanda tangan pada berita acara rekapitulasi ini, sesuai regulasi KPU tidak mempengaruhi penetapan hasil Pilkada 2017.
“Hari ini penetapan perolehan suara Pilkada 2017 Kota Salatiga. Tahapan selanjutnya sesuai jadwal adalah penetapan Walikota dan Wakil Walikota Salatiga pada tanggal 8-10 Maret 2017dengan catatan tanpa ada gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK) dari salah satu paslon,” katanya.
Menurut Putnawati, gugatan hasil pemilu bisa dilakukan maksimal tiga hari setelah KPU menetapkan perolehan suara Pemilu ini. Hasil Pemilu Kota Salatiga ini menurutnya bisa dipertanggunjawabkan dan bisa menjadi rukukan di MK nantinya apabila ada gugatan dari salah satu paslon.
Ketua Panwaslu, Arsyad Wahyudi mengatakan, proses Pemilu di Kota Salatiga secara umum berjalan lancar. Terbukti tidak ada kejadian luar biasa baik menjelang dan pelaksanaan pemungutan suara bahkan paska pemungutan suara hingga rapat pleno rekapitulasi perolehan suara hari ini.
“Saya menilai proses Pemilu di Kota Salatiga berjalan lancar. Tidak ada kejadian luar biasa yang mewarnai saat menjelang dan pelaksanaan pemungutan suara hingga rekapitulasi di tingkat kota ini. Meski ada laporan kejanggalan Pilkada dari salah satu paslon namun tidak disertai bukti, sehingga belum bisa ditindaklanjuti,” tuturnya.
Dari pihak keamanan, Kapolres Salatiga, AKBP Happy Perdana menyatakan, pelaksanaan rekapitulasi di tingkat kota berlangsung aman. Keamanan sudah disiagakan beberapa jam sebelum acara dimulai dengan menerjunkan ratusan personel bersenjata lengkap. Untuk mengantisipasi bila terjadi sesuatu yang luar biasa, namun hal itu tidak terjadi.
“Kami berterima kasih kepada semua pihak termasuk paslon dan para pendukungnya atas kesadarannya menjaga keamanan dan ketertiban dengan baik. Dari kepolisian terus akan melakukan pengamanan di kantor KPU, Panwaslu, dan kotak suara juga pengamanan yang melekat di pasangan calon,” katanya.
Calon Walikota Yuliyanto ketika dimintai tanggapan usai ditetapkan sebagai pemenang Pilkada, mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kota Salatiga yang mempercayakan kembali Yaris untuk memimpin Kota Salatiga periode lima tahun yang akan datang. Pihaknya akan menunggu proses selanjutnya yang sudah dijadwalkan oleh pihak terkait.
“Terima kasih kepada seluruh masyarakat dan kami bersyukur bahwa kemenangan ini adalah anugerah dari Allah. Kami memohon doa restu dan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat agar ke depan Salatiga bisa lebih baik lagi. Selisih suara berapapun, Yaris telah ditetapkan sebagai pemenang,” jelasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template |
Copyright © 2011. DPD PKS Boyolali - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger