21 Desember 2020

Ketua Fraksi PKS: Peluncuran Buku Putih Covid-19 adalah Wujud Kontribusi Nyata dan Konkret PKS

 

Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juawini

Jakarta (17/12) -- Ketua Fraksi PKS DPR RI, Jazuli Juwaini, menyampaikan apresiasi yang tinggi atas diluncurkannya Buku Putih Penanganan Pandemi Covid-19 di Indonesia yang disusun oleh Tim Covid-19 Fraksi PKS.

"Buku ini adalah bagian dari karya nyata Fraksi PKS, khususnya dalam merespons pandemi yang belum berakhir hingga saat ini. Ini juga merupakan upaya konkret dan bentuk tanggung jawab dari Fraksi PKS kepada bangsa dan negara," ujar Jazuli dalam acara bedah Buku Putih Covid-19 tersebut, di Ruang Abdul Muis, Gedung Nusantara, Jakarta, Kamis (17/12).

Menurutnya, isi Buku Putih itu merupakan representasi gagasan dan pemikiran dari segenap anak bangsa yang telah dihimpun oleh Tim Covid-19 Fraksi PKS selama beberapa waktu ke belakang.

"Ada dua hal penting dalam menangani pandemi, yakni cepat dan tepat. Dalam rangka ini, maka kami waktu itu, segera membentuk Tim Covid-19 dengan Ibu Netty Prasetiyani (Anggota Komisi IX) sebagai ketuanya. Tim ini kemudian mengundang berbagai pihak, baik akademisi, pakar, tenaga medis, dan sebagainya, guna menampung seluruh ide, gagasan, dan masukan untuk diolah menjadi solusi alternatif bagi pemerintah," jelas Anggota Komisi I DPR RI itu.

Jazuli berharap agar solusi yang diberikan oleh Fraksi PKS, yang sebagian kecilnya telah dimuat di Buku Putih tersebut, dapat dipertimbangkan dengan baik dan layak oleh pemerintah.

"Mudah-mudahan karya yg sederhana ini bisa memberi manfaat besar bagi bangsa Indonesia. Kita berharap solusi alternatif kami, meskipun dari oposisi, ada yang diambil (oleh pemerintah). Karena semangat kita sama, yakni menemukan jalur keluar terbaik bagi permasalahan rakyat dan bangsa," ucapnya.

Selain itu, ia pun berharap agar agenda bedah buku seperti ini rutin dilakukan, dan mendorong anggota DPR lain untuk menghasilkan karya-karya dalam bentuk buku, seperti yang telah dilakukan oleh Ibu Netty Prasetiyani dan Tim Covid-19 F-PKS.

"Mudah-mudahan buku karya anggota DPR lain dapat dibedah seperti sekarang ini. Kita pun ingin seluruh anggota DPR bisa menelurkan karya terbaik mereka. Hal ini penting agar lembaga dewan ini memiliki marwah dan punya kelas intelektual yang bagus," pungkas Jazuli.